Kapulaga merupakan rempah khas Arab, Kapulaga tidak hanya digunakan sebagai penyedap masakan. Sejak dulu, rempah ini juga populer digunakan sebagai obat tradisional. Memang, apa saja manfaat kapulaga untuk kesehatan?.

Rempah yang memiliki nama latin Elettaria cardamomum ini memiliki rasa gurih dan sedikit manis. Hal ini menjadikan kapulaga sering digunakan sebagai penguat rasa dan aroma pada masakan.

Berkat kandungan nutrisi di dalamnya, seperti mangan, kalsium, dan kalium, menjadikan rempah ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Kapulaga tidak hanya tersedia dalam bentuk biji-bijian, melainkan juga dalam bentuk bubuk, minyak esensial, bahkan suplemen herbal.

Berikut adalah berbagai manfaat kapulaga untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui:

  1. Membantu mengontrol tekanan darah 

Khasiat kapulaga yang pertama adalah membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Dalam sebuah studi, para peneliti memberikan tiga gram bubuk kapulaga per hari kepada 20 orang dewasa yang memiliki tekanan darah tinggi. Setelah 12 minggu, tingkat tekanan darah menurun.

Para peneliti melihat bahwa kadar antioksidan yang tinggi dan efek diuretik dalam kapulaga bertanggung jawab atas hal tersebut. Faktanya, status antioksidan pada partisipan penelitian meningkat hingga 90% pada akhir studi.

      2. Mencegah Penyakit Kronis

Selain menjaga tekanan darah tetap normal, kandungan antioksidan dalam kapulaga juga bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Kapulaga juga memiliki senyawa antiinflamasi yang dapat melawan peradangan. Kedua kandungan ini bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis jika dikonsumsi secara teratur.

      3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ekstrak kapulaga yang dicampur dengan bahan herbal lainnya diduga dapat mengatasi masalah pencernaan, mulai dari dispesia, mual dan muntah, hingga tukak lambung.

Namun, penelitian untuk menentukan efektivitas dari manfaat kapulaga ini masih sebatas percobaan pada hewan saja sehingga masih diperlukan penelitian lanjut untuk mengetahui efektivitasnya pada manusia.

       4. Memiliki Komponen Antikanker

Salah satu kandungan kapulaga atau cardamom adalah komponen antikanker. Sejumlah studi yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa bubuk kapulaga dapat meningkatkan aktivitas beberapa enzim yang kemudian membantu melawan kanker.

Bumbu rempah ini juga meningkatkan kemampuan sel-sel untuk menghambat pertumbuhan tumor. Meski demikian, dibutuhkan penelitian yang lebih kuat pada manusia untuk memvalidasi hasil-hasil yang sudah ada.

        5. Mengatasi Bau Mulut

Khasiat kapulaga untuk kesehatan berikutnya adalah dapat mengatasi bau mulut tidak sedap dan memperbaiki kesehatan mulut. Manfaat ini sebenarnya adalah resep kuno.

Di beberapa budaya, mengunyah bagian buah kapulaga untuk menyegarkan napas termasuk hal yang umum. Bahkan, salah satu produsen permen karet ternama menggunakan rempah ini pada produknya.

Satu studi menemukan bahwa ekstrak kapulaga efektif dalam melawan lima bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan gigi. Alasan mengapa kapulaga dapat membuat napas segar mungkin terkait dengan kemampuannya dalam melawan bakteri mulut.

        6. Baik Untuk Kesehatan Pernapasan

Kapulaga juga diketahui dapat meningkatkan pernapasan dengan membuat jalan napas lebih rileks. Sebuah studi yang dilakukan pada tikus dan kelinci menemukan bahwa ekstrak kapulaga dapat mengendurkan saluran udara tenggorokan.

Jika ekstrak ini punya efek yang sama terhadap orang dengan asma, mungkin dapat mencegah saluran udara mereka yang meradang dari rasa tercekik. Untuk mengetahui efektivitasnya ini, perlu dilakukan pengamatan lebih dalam.

         7. Mencegah Bau Mulut dan Gigi Berlubang

Kapulaga juga dikenal dengan manfaatnya untuk mencegah bau mulut. Tak hanya itu, mengunyah rempah ini juga diketahui bisa membuat napas lebih segar.

Selain itu, berkat kandungan senyawa antibakteri di dalamnya, kapulaga juga diduga efektif untuk mencegah gigi berlubang. Namun, efektivitas dari manfaat kapulaga ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

         8. Menyembuhkan Batuk dan Pilek

Pilek sering kali disertai gejala batuk. Walaupun dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari, gejala yang ditimbulkan dari kondisi ini cukup mengganggu.

Untuk membantu tubuh mempercepat proses pemulihan dari pilek dan batuk, kamu bisa membuat minuman untuk melegakan napas dan tenggorokan.

Salah satunya adalah menggunakan rempah kapulaga. Air rebusan kapulaga dapat dicampur dengan madu sebagai obat alami untuk membantu mengobati flu.

         9. Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer dan Demensia

Tidak jarang orang tua mengalami Penyakit alzheimer dan demensia. Penyakit ini bisa menyebabkan seseorang mengalami kepikunan. Namun penelitian yang telah teruji klinis dapat membuktikan bahwa kopi kapulaga bisa mengatasi hal tersebut. Dengan kita minum kopi kapulaga maka proses perlindungan terhadap penyakit yang terhubung langsung dengan degradasi fungsi saraf bisa lebih cepat.

Selain yang telah disebutkan di atas, masih ada beberapa manfaat kapulaga lainnya bagi kesehatan, seperti menurunkan berat badan, menjaga kestabilan kadar gula darah, mengurangi risiko perlemakan hati, mengobati infeksi hingga baik untuk jantung.

Selain menjadi campuran masakan dan obat herbal kapulaga juga sering ditambahkan dan  dicampurkan pada Kopi.

Penambahan rempah dalam Kopi inilah yang memberikan rasa dan warna yang berbeda dibanding kopi pada umumnya. Bagi kalian yang mengaku Pecinta Kopi sangat disarankan untuk mencicipi Kopi Arab ini, Karena hal itu akan memberikan pengalaman yang baru bagi kalian Pecinta Kopi.

KOPI KHAS ARAB CLASSIC DENGAN KAPULAGA  BY EL’S COFFEE HADIR UNTUK KALIAN YANG INGIN MENCICIPI KOPI KHAS ARAB DENGAN SENSASI UNIK REMPAH KAPULAGA

SILAHKAN KUNJUNGI EL’S COFFEE TERDEKAT ATAU MARKET PLACE KESAYANGAN ANDA